Sejarah

 Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT-PK) Surabaya atau yang lebih dikenal sebagai BLK Surabaya dibangun pada tahun 1979 dengan dana bantuan dari Bank Dunia (World Bank). Diresmikan  oleh Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia (Dr. Harun Zein) pada 19 Maret 1980 dengan nama Pusat Latihan Kerja (PLK) Surabaya yang berlokasi di Jl. Dukuh Menanggal III/29 Kecamatan Gayungan Surabaya dengan luas area keseluruhan 48.470 m2. Pada tahun 1990 nama PLK Surabaya diubah menjadi Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Surabaya.

Pada tahun 2000 saat dimulainya otonomi daerah nomenklatur BLKI diubah menjadi Balai Latihan Instruktur dan Pengembangan (BLKIP) Surabaya. Selanjutnya berdasarkan  Peraturan Gubernur Nomor 122 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi Kependudukan Provinsi Jawa Timur maka BLKIP Surabaya diubah menjadi UPT Pelatihan Kerja Surabaya.

Melalui berbagai pelatihan berbasis kompetensi yang telah diselenggarakan selama lebih dari 30 tahun, UPT Pelatihan Kerja/BLK Surabaya telah mencetak ribuan tenaga kerja terampil dan ahli yang  bekerja di perusahaan-perusahaan Nasional maupun Multinasional.

Pada masa sekarang dan mendatang, kualitas sumber daya manusia menjadi sangat penting mengingat persaingan tenaga kerja secara global yang semakin ketat. Kontribusi UPT Pelatihan Kerja/BLK Surabaya sebagai lembaga pelatihan milik pemerintah dalam menghadapi tantangan saat ini adalah dengan meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia melalui pelatihan berbasis kompetensi, ujian kompetensi serta sertifikasi keahlian. Untuk menyelenggarakan uji kompetensi UPT Pelatihan Kerja/BLK Surabaya bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi(LSP), Badan Nasional sertifikasi Profesi (BNSP).

Dengan peralatan yang  memadai dan lengkap serta didukung oleh instruktur-instruktur senior yang telah memiliki sertifikasi assessor, UPT Pelatihan Kerja/BLK Surabaya telah terakreditasi sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk Kejuruan Mesin Logam, Las, Listrik dan Otomotif.  Sedangkan untuk membantu penyerapan lulusan oleh UPT Pelatihan Kerja/BLK Surabaya menyediakan layanan Kios “3 in 1” yaitu bentuk pelayanan untuk  mengakses lowongan pekerjaan secara online dan BursaTenaga Kerja Khusus (BKK) yang dapat dimanfaatkan oleh lulusan maupun perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Pada tanggal 24 Desember 2010 lembaga Pelatihan ini  berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001 : 2008 yang merupakan bukti pengakuan keberhasilan di bidang manajemen Mutu.

Resep Masakan Makanan Sehat Jual Jersey Bola Manfaat Buah Manggis Manfaat Mengkudu Manfaat Jeruk Nipis Timbangan Kata Mutiara Obat Pembesar Penis